Skip to main content

Tips Menambah Viewer Youtube

Halo sob, pas mau pulang kantor kebetulan tiba-tiba aja hujan. Padahal perasaan sudah beberapa minggu terakhir ngga hujan-hujan. Ya begitulah keadaan musim akhir-akhir ini. Kadang tidak menentu dan sulit untuk diprediksi.


 crowd-2045499_640

Begitu pula tentang video yang kita upload ke dalam youtube. Meskipun saya juga termasuk youtuber pemula yang baru punya 114 video dengan jumlah viewer yang belum bisa dibilang banyak, saya merasakan kalau diantara video-video saya tersebut ada yang jumlah viewnya sangat sedikit, sedikit, dan agak banyak sedikit :)


Loh kok gitu mas? Iya saya tidak mau bilang jumlahnya banyak. Karena memang begitulah adanya. Prediksi saya kadang meleset. Ada video yang saya prediksikan akan mendapatkan respon yang baik, tapi kenyataannya tidak baik. Begitu pula sebaliknya. Tapi ngga 100% meleset semua yah. Ada juga yang masuk ke dalam kategori baiklah sedikit. Hik....


Nah dari pengalaman-pengalaman itulah saya ingin berbagi sedikit nih kepada sobat yadishare semua yang mungkin kebetulan sudah menjadi youtuber dan yang baru akan memulai hobi baru menjadi seorang youtuber.


Kenapa saya bilang memulai hobi baru? Memang ngga ada salahnya sih kalau anda ingin menjadikannya sebagai sebuah karir. Tapi...sebaiknya jadikan saja sebagai hobi untuk menyalurkan kreatifitas anda dan berbagi ilmu pengetahuan kepada orang lain.


Karena apabila motifasi dan orientasi anda menjadi youtuber adalah semata-mata karena uang, jika channel youtube anda tidak berkembang atau gagal maka anda akan memutuskan untuk berhenti di tengah jalan. Karena tidak sesuai dengan tujuan awal anda.


Nah belajar dari pengalaman-pengalaman yang sudah saya dapatkan tersebut, ada beberapa hal yang saya cermati dan simpulkan sehingga tak lengkap rasanya jika tidak saya bagikan disini.


Dulu pada saat awal youtube berdiri dari beberapa sumber yang saya baca, jumlah youtuber diseluruh dunia belum sebanyak seperti sekarang ini. Apalagi jumlah youtuber local asal indonesia. Masuk akal memang.


Sebab youtube memang baru terasa boomingnya setelah diakuisisi oleh raksasa teknologi yang bernama google. Sebelumnya pun youtube sudah terkenal. Makanya dengan melihat potensi yang sangat besar tersebut google berani membelinya.


Jadi menurut saya salah satu faktor penghambat laju channel kita untuk berkembang yang perlu digaris bawahi agar memiliki banyak viewer adalah faktor persaingan. Namun itu bukan satu alasan buat kita untuk menyerah.


Lalu tips apakah yang bisa saya berikan untuk anda ? Tipsnya adalah :

1. Buatlah konten video dengan tema yang memang disukai dan dicari oleh para viewer. Bisa apa saja. Banyak sekali cakupannya. Usahakan belum ada yang buat. Kalau bisa.

2. Banyak yang bilang thumbnail video yang menarik akan sangat membantu untuk menggaet para viewer. Bisa dikatakan seperti itu namun bisa juga tidak. Karena menurut saya konten dan tema yang menarik adalah yang utama. Thumbnail hanya pendukung saja.

3. Judul video juga ikut mempengaruhi menurut saya. Jangan buat judul yang asal-asalan. Agak lebay dikit boleh asal jangan melenceng dari tema. Yang ada viewernya nanti akan kecewa dan kapok dengan channel anda.

4. Gunakan meta tag yang sesuai dan jangan berlebihan.

5. Tuliskan deskripsi video anda dengan jelas dan lengkap mengenai apa video yang anda upload. Jujur saya pun kadang malas untuk menuliskannya. Karena saya pikir poin nomor 1 diatas adalah yang utama. Ini adalah salah satu contoh video saya yang sesuai dengan poin 1-5 diatas.

https://youtu.be/cc6bB14OQXE

Tidak terlalu original temanya, sudah banyak yang upload di youtube. Namun dalam kurun waktu 1 bulan saya berhasil mendapatkan view sebanyak 770.

Berbeda dengan video-video tutorial saya yang lain. Meskipun viewnya lebih banyak, sudah mencapai ribuan namun butuh waktu berbulan-bulan bahkan hampir setahun untuk mencapainya.

Mungkin hal tersebut juga ikut dipengaruhi oleh semakin berkembangnya channel saya dari waktu ke waktu. Masuk akal juga sih.

6. Tingkatkan kualitas video kita. Ini yang berat dan butuh kerja keras.

7. Konsisten untuk bikin video. Semakin banyak video yang kita upload maka kemungkinan channel kita untuk lebih dikenal orang akan semakin besar.

8. Jangan malas untuk berinteraksi dengan para viewer. Balas komentar mereka. Ajak mereka untuk subscribe, like, share dan comment.

9. Buat sebuah blog atau website pribadi yang bisa mendukung berkembangnya channel youtube kita. Asosiasikan video-video kita di dalamnya.


https://www.youtube.com/watch?v=BQkm_piLATY

Seperti yang saya lakukan sekarang ini. Pernah setahun yang lalu saya menulis sebuah artikel tentang bagaimana cara membuat sebuah intro video 3D untuk youtube dan ternyata banyak sekali pembacanya.


Tercatat sudah lebih dari 25.000 orang yang membaca artikel tersebut hingga tulisan ini dimuat. Padahal saya tidak pernah menduga akan sedahsyat itu. Mungkin karena saya tautkan video di atas dan video berikut ini makanya jumlah viewer videonya dapat meningkat secara signifikan.


https://youtu.be/F7dX5BceI-M

Apalagi kalau waktu itu saya langsung buatkan videonya, pasti akan lebih dahsyat lagi efeknya.

Berbeda dengan tips indexing video saya berikut ini. Sudah sekian bulan lamanya saya upload video tersebut. Namun jumlah viewernya hanya ratusan saja. Bertambahnya kurang signifikan.

https://youtu.be/5XjWFtnPEGY

10. Jika anda mahir dalam berbahasa inggris gunakan keahlian anda tersebut untuk go internasional. Tentukan target viewer anda tidak hanya untuk local saja tapi mendunia. Jumlah ppc yang bisa kita dapatkan jika ditonton diluar negeri tentu akan lebih besar jika hanya ditonton oleh viewer yang berasal dari indonesia saja.

11. Bersabarlah. Jangan judge video anda yang viewernya sedikit pasti jelek atau tidak akan berkembang. Karena saya sudah mengalaminya. Saya lihat trend view video saya dari waktu ke waktu bisa berbeda. Saling susul menyusul dan hanya masalah waktu saja penyebabnya.

12. Belajar terus. Ngga ada yang instant seperti bikin mie instant. Semua butuh waktu dan proses. Seperti waktu sekolah dulu. Kelas 1-2-3 dulu. Ngga mungkin langsung kelas 6. Kalau kalian mau belajar, channel saya lah tempatnya.

13. Jangan menyerah. Tetap semangat bila gagal. Pelajari channel yang lain juga.

14. Jangan melanggar peraturan youtube. Kalau tidak mau dibanned.

15. Jangan asal copas dan ambil video orang lain. Gunakan kreatifitas dan keahlianmu masing-masing.

16. Jadilah dirimu sendiri. Jangan memaksakan untuk sekedar mengikuti trend yang tidak dapat kamu lakukan sehingga menjadi blunder buatmu.

17. Riset sebelum upload.

18. Buat google adsense. Masukkan dan verifikasi alamat kalian. Ini dilakukan setelah anda menerima pin google adsense.

19. Jangan lupa di share videonya.

20. Tambahkan tags video yang sesuai dengan isi video kalian.

Wahh...masih banyak kayaknya...

Oke sob sekian dulu ya ceritanya kali ini. Tak terasa sudah 3 jam lebih saya nulis. Dipotong istirahat, makan, nonton tv, bercanda dengan istri dan anak saya 1 jam setengah jadi total 1.5 jam-an lah ngetiknya.

Semoga sharingnya bermanfaat dan bisa jadi inspirasi buat kita semua. Aamiin. Sampai jumpa :)

 

Tertarik untuk mencoba membuat logo anda sendiri ? Tonton yuk videonya disini. Bisa digunakan untuk logo channel youtube, blog dan lain-lain.


https://www.youtube.com/watch?v=43vHSqWznso

 

Belajar PHP dari dasar yuk...

https://www.youtube.com/watch?v=zOvwcNyuGq4&list=PL9cbfM3OnKEDMUx1-bMBdR0NkSCJDkg8u

 

Baca tutorial cara mengganti thema youtube terbaru 2017

Baca juga mengenai cara menghilangkan status read message pada aplikasi WhatsApp

Baca juga mengenai tutorial pentaho 7 disini

Baca juga cara membuat grafik di libreoffice calc

Baca juga cara mengenai tips menambah viewer youtube

Baca cara membuat blog di wordpress

Baca juga cara optimasi blog atau video youtube

Baca tentang pin google adsense dan memverifikasi alamat

 

 

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Mengirim Email dengan Delphi XE Menggunakan Account Google

Kemarin kita sudah membahas mengenai bagaimana caranya mengirim email melalui aplikasi yang dibuat dengan menggunakan VB.NET . Nah sekarang bagaimana caranya mengirim email tapi melalui aplikasi Delphi XE? Untuk mengirim email melalui Delphi XE sebenarnya mudah sekali. Caranya juga hampir mirip dengan VB.NET kok. Component yang dibutuhkan antara lain adalah TIdSMTP, TIdMessage dan TIdSSLIOHandlerSocketOpenSSL. Tanpa component-component tersebut kamu tidak akan dapat mengirimkan email. Selain component yang saya sebutkan diatas, tentu kamu akan membutuhkan koneksi internet. Tanpa itu mustahil email dapat dikirim ke alamat tujuan. Sebenarnya kamu juga dapat menambahkan class dari masing-masing component diatas ke dalam uses tanpa harus menggunakan component. Hal lain yang sangat penting yang mesti kamu pahami adalah untuk mengirimkan sebuah email dibutuhkan yang namanya email sender (email si pengirim), email recipient (email si penerima), email cc (optional), email bcc (optional) dan SM

Penjumlahan Inputbox Secara Otomatis Di HTML, Php, Dan JQuery

Hai sobat yadishare apa kabar? Sudah hari sabtu lagi nih. Iseng-iseng ah pengen nulis mengenai html dan jquery. Ketika kita membangun sebuah aplikasi menggunakan php, seringkali kita harus membuat sebuah penjumlahan antar textbox secara otomatis agar memudahkan user. Misalnya kita memiliki 3 buah inputbox yang kita buat dengan menggunakan HTML yang terdiri dari sub total, ppn, dan grand total. Kemudian setiap kali kita menginputkan angka ke dalam textbox sub total dan textbox ppn tersebut, kita ingin textbox grand total jumlahnya terhitung secara otomatis agar dapat memudahkan user. Lalu bagaimana caranya? Nah untuk dapat melakukannya, kita pasti butuh cara yang mudah dan cepat bukan? Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan JQuery. Pertama kalian bisa download file jquery.js disini . Masukkan ke dalam folder assets/js. Kalian juga dapat menambahkan script berikut ini tanpa harus mendownload f

Aplikasi Database CRUD (VB6 + Ms. Access + Crystal Report 8)

Assalamualaikum wr. wb. sobat yadishare, apa kabar ? Di artikel kali ini saya akan membagikan tutorial tentang bagaimana cara membuat aplikasi CRUD (create, read, update, dan delete) menggunakan aplikasi atau bahasa pemrograman visual basic 6.0 dan database yang akan saya gunakan adalah database microsoft access. Untuk pembuatan laporannya nanti saya akan menggunakan aplikasi crystal report versi 8. Oke topiknya kali ini adalah membuat aplikasi crud sederhana tentang data pegawai. Namun di dalam aplikasi ini nanti teman-teman akan mempunyai opsi yang cukup lengkap. Selain ada fitur crud dan filtering data, teman-teman bisa langsung mencetak laporannya ke dalam printer. Keren kan ??? Ok langsung saja kita mulai tutorialnya. Untuk membuat aplikasi crud ini, dibutuhkan sebuah database microsoft access. Nah untuk mempersingkat waktu, berhubung saya sudah membuatkan tutorialnya di artikel dan video saya sebelumnya, jadi saya tidak akan bahas lagi disini. Teman-teman bisa langsung b