Skip to main content

Cara Membuat Nomor Transaksi Otomatis Dengan Prefix Tertentu Di Delphi

Siang tadi saya baru saja memposting sebuah artikel mengenai situs live streaming bola di internet. Nah kali ini saya ingin menuliskan sebuah artikel mengenai delphi.


car-471974_640.jpg

Topiknya adalah mengenai cara mengenerate nomor transaksi yang kita buat di dalam sebuah aplikasi yang terhubung ke dalam database MySql. Kenapa hal ini sering kali harus dilakukan karena sebagian besar perusahaan saat ini sudah IT oriented. Dengan kata lain sudah banyak yang menggunakan system dan memiliki standard operation procedurenya masing-masing.


Termasuk dalam hal administrasi penomoran dokumen tiap transaksi yang mereka lakukan, benar ngga sob? Nah penomorannya pun biasanya menggunakan berbagai macam format prefix dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.


Yuk langsung saja kita mulai. Buka IDE rad studio delphi kalian. Buat sebuah project baru. Pilih vcl application. Buat layout form anda terdiri dari dua buah TLabel dan dua buah Tbutton.


Buat sebuah database mysql dengan nama apa saja. Buat sebuah tabel dengan nama apa saja yang terdiri dari 1 field integer atau long integer untuk menyimpan nomor registrasi terakhir yang sudah digunakan.


Ingat, ada banyak cara yang bisa kalian gunakan yah. Metode ini adalah salah satunya. Anda bisa kembangkan lagi nanti lebih jauh agar bisa sesuai dengan kebutuhan kalian.


Konsep dasarnya adalah kita akan mengambil nomor registrasi terakhir dari database lalu kita olah nomor tersebut menjadi nomor transaksi sesuai dengan prefix yang kita butuhkan. Lalu begitu transaksinya disimpan kita akan meregister atau menyimpan nomor tersebut kembali ke database.


Begitu seterusnya agar nomor transaksi tersebut menjadi unik terutama apabila terjadi proses penghapusan transaksi, nomor yang sudah terpakai tidak dapat lagi digunakan.


Wah, panjang juga sepertinya kalau harus dituliskan disini ya. Saya yakin kalian pasti juga akan membutuhkan source code dari topik kita kali ini kan? Jadi saya rasa akan lebih baik kalau kalian lihat saja videonya dan kalian bisa menemukan link download source codenya dari video saya berikut ini.


https://youtu.be/ntTGP2wO-r8

Nah kalau video dan source codenya bermanfaat untuk kalian, tolong jangan lupa di like, share, comment dan subscribe ya channel saya. Gratis kok.


Dimana lagi kalian bisa menemukan guru terbaik kalau bukan di channel yadishare tutorial. Terima kasih telah membaca artikel saya jangan lupa untuk meninggalkan komentar. Sampai jumpa.


https://www.youtube.com/watch?v=2yAy-o7uqj8

Comments

Popular posts from this blog

Mengirim Email dengan Delphi XE Menggunakan Account Google

Kemarin kita sudah membahas mengenai bagaimana caranya mengirim email melalui aplikasi yang dibuat dengan menggunakan VB.NET . Nah sekarang bagaimana caranya mengirim email tapi melalui aplikasi Delphi XE? Untuk mengirim email melalui Delphi XE sebenarnya mudah sekali. Caranya juga hampir mirip dengan VB.NET kok. Component yang dibutuhkan antara lain adalah TIdSMTP, TIdMessage dan TIdSSLIOHandlerSocketOpenSSL. Tanpa component-component tersebut kamu tidak akan dapat mengirimkan email. Selain component yang saya sebutkan diatas, tentu kamu akan membutuhkan koneksi internet. Tanpa itu mustahil email dapat dikirim ke alamat tujuan. Sebenarnya kamu juga dapat menambahkan class dari masing-masing component diatas ke dalam uses tanpa harus menggunakan component. Hal lain yang sangat penting yang mesti kamu pahami adalah untuk mengirimkan sebuah email dibutuhkan yang namanya email sender (email si pengirim), email recipient (email si penerima), email cc (optional), email bcc (optional) dan SM

Penjumlahan Inputbox Secara Otomatis Di HTML, Php, Dan JQuery

Hai sobat yadishare apa kabar? Sudah hari sabtu lagi nih. Iseng-iseng ah pengen nulis mengenai html dan jquery. Ketika kita membangun sebuah aplikasi menggunakan php, seringkali kita harus membuat sebuah penjumlahan antar textbox secara otomatis agar memudahkan user. Misalnya kita memiliki 3 buah inputbox yang kita buat dengan menggunakan HTML yang terdiri dari sub total, ppn, dan grand total. Kemudian setiap kali kita menginputkan angka ke dalam textbox sub total dan textbox ppn tersebut, kita ingin textbox grand total jumlahnya terhitung secara otomatis agar dapat memudahkan user. Lalu bagaimana caranya? Nah untuk dapat melakukannya, kita pasti butuh cara yang mudah dan cepat bukan? Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan JQuery. Pertama kalian bisa download file jquery.js disini . Masukkan ke dalam folder assets/js. Kalian juga dapat menambahkan script berikut ini tanpa harus mendownload f

Aplikasi Database CRUD (VB6 + Ms. Access + Crystal Report 8)

Assalamualaikum wr. wb. sobat yadishare, apa kabar ? Di artikel kali ini saya akan membagikan tutorial tentang bagaimana cara membuat aplikasi CRUD (create, read, update, dan delete) menggunakan aplikasi atau bahasa pemrograman visual basic 6.0 dan database yang akan saya gunakan adalah database microsoft access. Untuk pembuatan laporannya nanti saya akan menggunakan aplikasi crystal report versi 8. Oke topiknya kali ini adalah membuat aplikasi crud sederhana tentang data pegawai. Namun di dalam aplikasi ini nanti teman-teman akan mempunyai opsi yang cukup lengkap. Selain ada fitur crud dan filtering data, teman-teman bisa langsung mencetak laporannya ke dalam printer. Keren kan ??? Ok langsung saja kita mulai tutorialnya. Untuk membuat aplikasi crud ini, dibutuhkan sebuah database microsoft access. Nah untuk mempersingkat waktu, berhubung saya sudah membuatkan tutorialnya di artikel dan video saya sebelumnya, jadi saya tidak akan bahas lagi disini. Teman-teman bisa langsung b