Skip to main content

Belajar PHP Itu Menyenangkan (Memahami Syntax Dasar PHP)

Ngga tahu kenapa saya lagi bersemangat sekali nulis artikel tentang php. Padahal sudah malam nih. Sudah jam 22:40. Waktunya tidur karena besok mesti kerja lagi dan ngga boleh kesiangan pula tuk bangun sholat subuh.


php

Mungkin karena saya merasa kalau saya punya hutang kepada sobat yadishare semua bahwa selama ini saya jarang sekali nulis tentang php. Lebih banyak nulis dan bikin video tentang delphi, visual basic, odoo, photoshop, cara bikin video, grafik, database dan lain-lain.


Nah berhubung lagi ada kesempatan dan masih diberikan kesehatan sama yang maha kuasa, jadi saya mau cicil saja sharing tentang php nya dari hal-hal yang sangat sederhana sekali ya.


Karena untuk memahami materi bahasa pemrograman tertentu terkadang memang tidak mudah. Termasuk mengenai php. Apalagi untuk menguasai banyak bahasa pemrograman pasti tidak akan mudah. Butuh keseriusan dari diri kita masing-masing. Ibaratnya dulu kalau sekolah kita mungkin suka malas belajar matematika, fisika, kimia, dan lain-lain.


Ketika kita menyenangi satu bidang apalagi bisa dikatakan sebagai hobi, biasanya hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut akan mudah sekali kita serap dan kita praktekkan. Betul tidak???


Sayangnya mungkin dulu guru-guru kita kurang dapat menyampaikan ilmu yang akan mereka sampaikan ke kita menjadi sebuah hal-hal yang jadi terkesan menyenangkan dan dapat kita resapi dengan baik dan dapat kita pahami betul maksud dan tujuan dari ilmu tersebut.


Well itu kan masa lalu. Tak perlu disesali dan kita tetap harus bangga menjadi murid mereka. Walau bagaimanapun, merekalah orang tua kita disekolah, karena mereka lah kita bisa.


Oke cukup ngelanturnya, sudah 7 paragraph. Tak terasa. Untuk memahami php syntax dasarnya adalah harus diawali dengan menuliskan tag :


<?php
dan diakhiri dengan menuliskan tag :
?>


Atau bisa juga dengan menuliskannya seperti ini :
<? ?> pada server tertentu saja.

Paham dong ? Kasih contoh dong mas. Oke saya kasih contoh.

<?php echo 'saya lagi belajar php';?>
atau
<? echo 'saya lagi belajar php';?>

Output dari keduanya akan menjadi:
saya lagi belajar php

Mudah sekali bukan? Fungsi echo untuk apa mas? Untuk mencetak atau menampilkan text yang ada di dalam tanda kutip. Dan harus selalu diakhiri dengan menuliskan tanda titik koma atau ; diakhir baris. Terutama kalau ada lebih dari satu baris.


Bagaimana kalau barisnya hanya 1? Tidak menggunakan ; juga tidak apa-apa. Tapi saran saya lebih baik tuliskan saja dan jadikan sebagai sebuah kebiasaan. Agar tidak lupa. Hal ini mirip sekali dengan bahasa pemrograman delphi. Script php dapat disisipkan dibagian mana saja pada sebuah file yang berekstensi .php.


Oke guys sekian dulu ya sharingnya kali ini. Kita akan lanjutkan lagi ceritanya dilain hari ya. Semoga bermanfaat, semoga menyenangkan dibacanya dan dapat menginspirasi kalian semua untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih dan lebih lagi dari apa yang kita bayangkan. Assalamualaikum wr.wb.


https://youtu.be/hGjDwV3Mkyk

Comments

Popular posts from this blog

Mengirim Email dengan Delphi XE Menggunakan Account Google

Kemarin kita sudah membahas mengenai bagaimana caranya mengirim email melalui aplikasi yang dibuat dengan menggunakan VB.NET . Nah sekarang bagaimana caranya mengirim email tapi melalui aplikasi Delphi XE? Untuk mengirim email melalui Delphi XE sebenarnya mudah sekali. Caranya juga hampir mirip dengan VB.NET kok. Component yang dibutuhkan antara lain adalah TIdSMTP, TIdMessage dan TIdSSLIOHandlerSocketOpenSSL. Tanpa component-component tersebut kamu tidak akan dapat mengirimkan email. Selain component yang saya sebutkan diatas, tentu kamu akan membutuhkan koneksi internet. Tanpa itu mustahil email dapat dikirim ke alamat tujuan. Sebenarnya kamu juga dapat menambahkan class dari masing-masing component diatas ke dalam uses tanpa harus menggunakan component. Hal lain yang sangat penting yang mesti kamu pahami adalah untuk mengirimkan sebuah email dibutuhkan yang namanya email sender (email si pengirim), email recipient (email si penerima), email cc (optional), email bcc (optional) dan SM

Penjumlahan Inputbox Secara Otomatis Di HTML, Php, Dan JQuery

Hai sobat yadishare apa kabar? Sudah hari sabtu lagi nih. Iseng-iseng ah pengen nulis mengenai html dan jquery. Ketika kita membangun sebuah aplikasi menggunakan php, seringkali kita harus membuat sebuah penjumlahan antar textbox secara otomatis agar memudahkan user. Misalnya kita memiliki 3 buah inputbox yang kita buat dengan menggunakan HTML yang terdiri dari sub total, ppn, dan grand total. Kemudian setiap kali kita menginputkan angka ke dalam textbox sub total dan textbox ppn tersebut, kita ingin textbox grand total jumlahnya terhitung secara otomatis agar dapat memudahkan user. Lalu bagaimana caranya? Nah untuk dapat melakukannya, kita pasti butuh cara yang mudah dan cepat bukan? Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan JQuery. Pertama kalian bisa download file jquery.js disini . Masukkan ke dalam folder assets/js. Kalian juga dapat menambahkan script berikut ini tanpa harus mendownload f

Aplikasi Database CRUD (VB6 + Ms. Access + Crystal Report 8)

Assalamualaikum wr. wb. sobat yadishare, apa kabar ? Di artikel kali ini saya akan membagikan tutorial tentang bagaimana cara membuat aplikasi CRUD (create, read, update, dan delete) menggunakan aplikasi atau bahasa pemrograman visual basic 6.0 dan database yang akan saya gunakan adalah database microsoft access. Untuk pembuatan laporannya nanti saya akan menggunakan aplikasi crystal report versi 8. Oke topiknya kali ini adalah membuat aplikasi crud sederhana tentang data pegawai. Namun di dalam aplikasi ini nanti teman-teman akan mempunyai opsi yang cukup lengkap. Selain ada fitur crud dan filtering data, teman-teman bisa langsung mencetak laporannya ke dalam printer. Keren kan ??? Ok langsung saja kita mulai tutorialnya. Untuk membuat aplikasi crud ini, dibutuhkan sebuah database microsoft access. Nah untuk mempersingkat waktu, berhubung saya sudah membuatkan tutorialnya di artikel dan video saya sebelumnya, jadi saya tidak akan bahas lagi disini. Teman-teman bisa langsung b