Skip to main content

Belajar Membuat Form DelphiXE5 Bagian Ketiga

Assalamualaikum wr. wb. Menyambung artikel sebelumnya mengenai belajar membuat form dengan aplikasi rad studio delphi XE5 yang kedua, kali ini saya akan kembali melanjutkan artikel tersebut dan masih berhubungan dengan properties form delphi xe5 yang sudah kita pelajari sebelumnya.


Jika tanda check dari biMinimize dan biMaximize dihilangkan dan kemudian kita jalankan aplikasi tersebut, maka hasilnya bentuk form1 menjadi sedikit berubah. Lalu apa sih pentingnya kita merubah properties tersebut ?


Sebagai seorang developer terkadang anda wajib untuk memahami berbagai hal. Termasuk memahami bagaimana karakter dari setiap user yang akan menggunakan aplikasi anda. Anda harus berpikir lebih jauh kedepan dari pada mereka. Tidak hanya sekedar menyelesaikan aplikasi atau proyek yang sedang anda kerjakan. Tetapi anda juga harus memikirkan aspek-aspek lain yang terkadang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya.


delphi_form_border_style


Jika form1 diatas akan anda jadikan sebagai form login untuk user masuk ke dalam aplikasi anda misalnya, maka rasanya akan menjadi sedikit aneh bahkan terkesan bodoh tatkala form login yang di desain dengan ukuran yang kecil kemudian bisa dirubah menjadi sangat besar bahkan sampai memenuhi seluruh layar monitor anda (fullscreen) hanya karena anda lupa, tidak tahu, atau bahkan tidak terlalu perduli dengan nilai seni atau estetika dari interaksi antara user dengan aplikasi yang sedang mereka gunakan.


Perhatikan contoh lainnya. Setelah aplikasi tersebut berjalan dan form1 tampil dilayar anda, jika cursor mouse diarahkan ke sekeliling form1, maka icon cursor akan berubah menjadi tanda panah ke depan dan ke belakang bukan ? Apa artinya ? Artinya user anda biarkan memiliki celah untuk merubah ukuran form menjadi lebih kecil atau lebih besar. Ini sama saja seperti anda tidak menghilangkan tanda check dari biMinimize dan biMaximize.


delphi_form_border_style_resize.png


Lalu bagaimana solusinya ? Ada satu properties dari form1 tersebut yang saya rasa cukup penting untuk dirubah jika kita memang sedang mendesain form bertipe form login dan seringkali terabaikan oleh para developer yaitu properties BorderStyle.


delphi_form_border_style_single.png


Nah sekarang coba kita ubah nilai dari properties BorderStyle tersebut menjadi bsSingle. Kemudian jalankan aplikasinya.


 delphi_form_border_style_single_run.png


Nah, sekarang user tidak bisa lagi merubah ukuran dari form1 tersebut bukan ? Untuk selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara membuat form login yang sebenarnya. Selamat mencoba dan bereksperimen ya...

Comments

Popular posts from this blog

Mengirim Email dengan Delphi XE Menggunakan Account Google

Kemarin kita sudah membahas mengenai bagaimana caranya mengirim email melalui aplikasi yang dibuat dengan menggunakan VB.NET . Nah sekarang bagaimana caranya mengirim email tapi melalui aplikasi Delphi XE? Untuk mengirim email melalui Delphi XE sebenarnya mudah sekali. Caranya juga hampir mirip dengan VB.NET kok. Component yang dibutuhkan antara lain adalah TIdSMTP, TIdMessage dan TIdSSLIOHandlerSocketOpenSSL. Tanpa component-component tersebut kamu tidak akan dapat mengirimkan email. Selain component yang saya sebutkan diatas, tentu kamu akan membutuhkan koneksi internet. Tanpa itu mustahil email dapat dikirim ke alamat tujuan. Sebenarnya kamu juga dapat menambahkan class dari masing-masing component diatas ke dalam uses tanpa harus menggunakan component. Hal lain yang sangat penting yang mesti kamu pahami adalah untuk mengirimkan sebuah email dibutuhkan yang namanya email sender (email si pengirim), email recipient (email si penerima), email cc (optional), email bcc (optional) dan SM

Penjumlahan Inputbox Secara Otomatis Di HTML, Php, Dan JQuery

Hai sobat yadishare apa kabar? Sudah hari sabtu lagi nih. Iseng-iseng ah pengen nulis mengenai html dan jquery. Ketika kita membangun sebuah aplikasi menggunakan php, seringkali kita harus membuat sebuah penjumlahan antar textbox secara otomatis agar memudahkan user. Misalnya kita memiliki 3 buah inputbox yang kita buat dengan menggunakan HTML yang terdiri dari sub total, ppn, dan grand total. Kemudian setiap kali kita menginputkan angka ke dalam textbox sub total dan textbox ppn tersebut, kita ingin textbox grand total jumlahnya terhitung secara otomatis agar dapat memudahkan user. Lalu bagaimana caranya? Nah untuk dapat melakukannya, kita pasti butuh cara yang mudah dan cepat bukan? Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan JQuery. Pertama kalian bisa download file jquery.js disini . Masukkan ke dalam folder assets/js. Kalian juga dapat menambahkan script berikut ini tanpa harus mendownload f

Aplikasi Database CRUD (VB6 + Ms. Access + Crystal Report 8)

Assalamualaikum wr. wb. sobat yadishare, apa kabar ? Di artikel kali ini saya akan membagikan tutorial tentang bagaimana cara membuat aplikasi CRUD (create, read, update, dan delete) menggunakan aplikasi atau bahasa pemrograman visual basic 6.0 dan database yang akan saya gunakan adalah database microsoft access. Untuk pembuatan laporannya nanti saya akan menggunakan aplikasi crystal report versi 8. Oke topiknya kali ini adalah membuat aplikasi crud sederhana tentang data pegawai. Namun di dalam aplikasi ini nanti teman-teman akan mempunyai opsi yang cukup lengkap. Selain ada fitur crud dan filtering data, teman-teman bisa langsung mencetak laporannya ke dalam printer. Keren kan ??? Ok langsung saja kita mulai tutorialnya. Untuk membuat aplikasi crud ini, dibutuhkan sebuah database microsoft access. Nah untuk mempersingkat waktu, berhubung saya sudah membuatkan tutorialnya di artikel dan video saya sebelumnya, jadi saya tidak akan bahas lagi disini. Teman-teman bisa langsung b