Skip to main content

Apa itu web server ? Hardware dan software apa saja yang dibutuhkan oleh sebuah web server.

[caption id="attachment_451" align="alignleft" width="378"]webserverclient sumber gambar berasal dari wikipedia[/caption]

Sekarang tanggal 17 Agustus 2016. Artinya hari ini adalah hari kemerdekaan kita bangsa Indonesia. Mudah-mudahan bangsa kita makin maju dan sejahtera ya sob.


Back to topic. Untuk mengetahui definisi yang lebih detail mengenai web server, tentu sobat bisa menemukan banyak sekali artikelnya di google. Disini saya hanya ingin menjelaskan apa itu web server tapi dari sisi pemahaman yang lain. Biar tidak bingung dan berguna buat sobat yang memang baru ingin mulai belajar memahami cara-cara membuat website atau aplikasi web.


Web server di local pc untuk proses development


Sebuah web server pasti terdiri dari hardware dan software. Hardware yang akan digunakan disini bisa berupa PC atau laptop pribadi sobat sendiri. Kemudian sobat jadikan itu sebagai web server local untuk proses development aplikasi web yang sobat inginkan. Bisa menggunakan php, asp.net dan lain-lain.


Namun istilah web server local tersebut di atas cakupannya baru sebatas pada interaksi anda sebagai developer web dengan web server yang digunakan. User lain belum bisa terhubung ke web server tersebut atau mengakses informasi apapun. Karena memang web server tersebut difungsikan hanya untuk anda sendiri.


Web server di local area network (LAN)

Jika sobat ingin agar website dan aplikasi web yang sobat bangun bisa diakses dari banyak pc, laptop, smartphone atau tablet, baik itu dikantor ataupun dirumah misalnya, maka sobat harus memiliki atau membangun sebuah jaringan local (LAN) terlebih dahulu.


Bisa dengan menggunakan kabel utp atau wireless menggunakan access point untuk menghubungkan antara perangkat yang satu dengan perangkat lainnya. Untuk server tetap bisa menggunakan pc atau laptop biasa jika memang hanya sebatas pada jaringan rumahan.


Namun untuk jaringan dikantor tentu saja akan lebih baik jika menggunakan server yang kualitasnya baik untuk menunjang kegiatan perusahaan sehari-hari.


Web server di wide area network (WAN)

Bagaimana jika sobat ingin agar website dan aplikasi web yang sobat bangun bisa diakses dari mana saja dan oleh siapa saja ? Jawabannya sobat bisa menyewa sebuah kavling lengkap dengan domain name yang sobat inginkan, di salah satu provider atau penyedia web hosting yang sudah sobat ketahui kualitasnya terlebih dahulu baik itu di indonesia ataupun diluar negeri.


Mengapa harus anda teliti dan ketahui kualitasnya. Karena ada banyak sekali penyedia web hosting diluar sana. Untuk memilih sebuah web hosting tentu tidak hanya sekedar murah bukan. Fasilitas, stabilitas dan support yang dapat mereka berikan, akan sangat anda butuhkan untuk menunjang kinerja bisnis anda nantinya.


Jika sudah menyewa sebuah kavling dan memiliki nama domain anda sendiri, maka anda bisa mempublish website atau aplikasi web yang sudah anda bangun tadi kesana.


Dengan begitu sudah tidak ada lagi jarak dan waktu yang memisahkan. Siapapun, kapanpun dan dimanapun bisa mengakses setiap informasi yang ada di website anda melalui koneksi internet dan dari perangkat apa saja.


Software web server


Di atas, kita sudah membahas kebutuhan dalam membangun sebuah web server dari sisi hardware secara umum. Lalu bagaimanakah dengan softwarenya. Untuk softwarenya, web server ini memang di install diatas sebuah sistem operasi. Baik itu windows, linux dan lain-lain.


Ada banyak sekali software web server yang bisa anda gunakan dan anda pilih. Namun tentu saja anda harus memilihnya dengan pertimbangan atas kebutuhan dan biaya yang mungkin harus dikeluarkan.


Misalnya saja web server IIS ( internet information services ) milik Microsoft dan Apache Server milik Apache Software Foundation (ASF) yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi seperti (UnixBSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya).


Secara umum web server tersebut berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang akan digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP. Jadi user hanya memerlukan web browser untuk mengakses informasi dari web server.


Seperti halnya apa yang anda lakukan saat ini. Anda sedang membaca artikel yang saya tulis. Mungkin bisa melalui smartphone, pc atau apa saja. Ketika anda mengakses alamat url blog saya, pada dasarnya anda sebagai user disini sedang meminta informasi ke web server melalui internet. Lalu web server yang bersangkutan akan meresponnya dan memberikan informasi yang anda minta berupa halaman web. Begitu kira-kira.




[caption id="attachment_501" align="aligncenter" width="321"]webserver-client proses cara kerja web server[/caption]

Sekian dulu pembahasan saya mengenai web server. Nantikan pembahasan-pembahasan yang lebih lengkap mengenai bagaimana cara memilih web server apakah menggunakan apache server dan IIS server di artikel berikutnya. Semoga bermanfaat :)

Comments

Popular posts from this blog

Mengirim Email dengan Delphi XE Menggunakan Account Google

Kemarin kita sudah membahas mengenai bagaimana caranya mengirim email melalui aplikasi yang dibuat dengan menggunakan VB.NET . Nah sekarang bagaimana caranya mengirim email tapi melalui aplikasi Delphi XE? Untuk mengirim email melalui Delphi XE sebenarnya mudah sekali. Caranya juga hampir mirip dengan VB.NET kok. Component yang dibutuhkan antara lain adalah TIdSMTP, TIdMessage dan TIdSSLIOHandlerSocketOpenSSL. Tanpa component-component tersebut kamu tidak akan dapat mengirimkan email. Selain component yang saya sebutkan diatas, tentu kamu akan membutuhkan koneksi internet. Tanpa itu mustahil email dapat dikirim ke alamat tujuan. Sebenarnya kamu juga dapat menambahkan class dari masing-masing component diatas ke dalam uses tanpa harus menggunakan component. Hal lain yang sangat penting yang mesti kamu pahami adalah untuk mengirimkan sebuah email dibutuhkan yang namanya email sender (email si pengirim), email recipient (email si penerima), email cc (optional), email bcc (optional) dan SM

Penjumlahan Inputbox Secara Otomatis Di HTML, Php, Dan JQuery

Hai sobat yadishare apa kabar? Sudah hari sabtu lagi nih. Iseng-iseng ah pengen nulis mengenai html dan jquery. Ketika kita membangun sebuah aplikasi menggunakan php, seringkali kita harus membuat sebuah penjumlahan antar textbox secara otomatis agar memudahkan user. Misalnya kita memiliki 3 buah inputbox yang kita buat dengan menggunakan HTML yang terdiri dari sub total, ppn, dan grand total. Kemudian setiap kali kita menginputkan angka ke dalam textbox sub total dan textbox ppn tersebut, kita ingin textbox grand total jumlahnya terhitung secara otomatis agar dapat memudahkan user. Lalu bagaimana caranya? Nah untuk dapat melakukannya, kita pasti butuh cara yang mudah dan cepat bukan? Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan JQuery. Pertama kalian bisa download file jquery.js disini . Masukkan ke dalam folder assets/js. Kalian juga dapat menambahkan script berikut ini tanpa harus mendownload f

Aplikasi Database CRUD (VB6 + Ms. Access + Crystal Report 8)

Assalamualaikum wr. wb. sobat yadishare, apa kabar ? Di artikel kali ini saya akan membagikan tutorial tentang bagaimana cara membuat aplikasi CRUD (create, read, update, dan delete) menggunakan aplikasi atau bahasa pemrograman visual basic 6.0 dan database yang akan saya gunakan adalah database microsoft access. Untuk pembuatan laporannya nanti saya akan menggunakan aplikasi crystal report versi 8. Oke topiknya kali ini adalah membuat aplikasi crud sederhana tentang data pegawai. Namun di dalam aplikasi ini nanti teman-teman akan mempunyai opsi yang cukup lengkap. Selain ada fitur crud dan filtering data, teman-teman bisa langsung mencetak laporannya ke dalam printer. Keren kan ??? Ok langsung saja kita mulai tutorialnya. Untuk membuat aplikasi crud ini, dibutuhkan sebuah database microsoft access. Nah untuk mempersingkat waktu, berhubung saya sudah membuatkan tutorialnya di artikel dan video saya sebelumnya, jadi saya tidak akan bahas lagi disini. Teman-teman bisa langsung b