Skip to main content

Tips Cari Uang Di Youtube Buat Youtuber Pemula

Pertanyaan di atas memang sering kali muncul di benak banyak orang termasuk saya juga guys tentunya sebelum saya akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang youtuber beberapa tahun lalu. Memang sih boleh dikatakan saya belum menjadi seorang youtuber secara total.

Mengapa ? Karena saya belum menjadikannya sebagai mata pencaharian utama saya alias masih saya gunakan sekedar sebagai hobby dan sampingan saja. Berhubung core channel saya berisi tentang tutorial, maka saya akan mencoba untuk share menganai ilmu dan pengalaman yang saya punya saja walaupun sedikit.




Hitung-hitung beramal dan bersedekah. Kalau misalnya nanti dapat penghasilan berarti itu bonus dari Allah SWT. Jadi itu tujuan awal saya ketika memutuskan untuk menjadi youtuber. Bukan semata-mata karena ingin dapat uang.

Karena kalau kemudian saya tidak dapat uang dari youtube, maka terus yang akan terjadi adalah saya akan menyesal dan kemudian berhenti membuat video dan berkarya. Betul ngga teman-teman ?

Menjadi seorang youtuber itu hampir sama seperti kita bekerja di sebuah perusahaan. Kita akan digaji setelah kita bekerja. Namun bedanya kalau kita bekerja di sebuah perusahaan biasanya kita akan mendapatkan gaji setelah kita bekerja selama 1 bulan. Lalu bagaimana dengan youtuber ?

Seorang youtuber itu akan digaji setelah pendapatannya mencapai ambang batas minimum yaitu 100 US$. Yang kalau misalnya di rupiahkan sekitar 1.3 juta rupiah. Dengan asumsi 1 USD = Rp 13.000 baru deh bisa dicairkan. Kalau belum mencapai 100 USD maka pembayaran akan di tunda sampai pendapatan kita mencapai 100 USD.

Kalau misalnya pendapatan kita di atas 100 USD ya nanti akan di akumulasikan dan tinggal di kalikan saja dengan rate yang berlaku tadi. Biasanya perhitungan earning youtube itu akan di proses sebelum tanggal 15 setiap bulannya. Dan akan di bayarkan setiap tanggal 21 sampai dengan 26 kalau sudah memenuhi syarat di atas. Jadi kadang juga tidak menentu teman-teman.

Bagaimana caranya video kita bisa di bayar atau mendapatkan uang dari youtube ? Kita akan di bayar oleh youtube melalui iklan yang tampil di dalam video yang kita upload. Dengan catatan video tersebut telah di tonton oleh banyak orang dan penghasilannya akan terus diakumulasikan berdasarkan jumlah iklan yang tampil dan jumlah iklan yang di click oleh para viewer.

Istilah kerennya adalah PPC atau pay per click guys. Jadi uang yang akan kita dapatkan bisa tidak menentu sebenarnya. Tergantung hoki dan kualitas dari video kita juga pastinya. Makanya ayo upload video yang banyak dan bermanfaat. Jangan cuma 1 video saja sudah begitu contentnya gak bermanfaat lagi.

Berapa sih jumlah iklan yang bisa kita sisipkan ke dalam video ? Jawabannya tergantung dari durasi video yang kita upload. Misalnya kita upload 1 video ke dalam youtube dengan durasi di bawah 10 menit. Secara default video kita hanya bisa menampilkan 1 buah iklan saja.

Yakni di bagian depan. Kalau misalnya kita ingin menambahkan iklan di bagian belakang kita bisa masuk ke menu edit video, masuk ke tab monetisasi dan aktifkan tanda check list di bagian belakang timeline video kita.

Kemudian misalnya anda bertanya seperti ini : "saya pernah melihat satu video namun ada banyak iklan yang tampil di bagian tengah" Bagaimana caranya satu video bisa menampilkan lebih dari 1-2 iklan ? Jawabannya : simple sekali.

Buatlah video dengan durasi yang lebih lama yaitu di atas 10 menit. Karena dengan begitu kita akan memiliki opsi tambahan yaitu bisa menambahkan iklan yang akan tampil di video kita sebanyak-banyaknya :) namun jangan terlalu lebay juga yah nambahin iklannya.

Karena para viewer juga tidak senang ketika melihat atau menonton video yang ada banyak iklannya. Sekalipun video kita bagus, seru dan bermanfaat, kalau sebentar-sebentar harus di potong iklan maka penonton akan cendrung kesal dan akhirnya malas untuk menonton video kita lagi.

Hal ini juga akan ikut mempengaruhi retensi penonton ke video kita. Misalnya video kita aslinya bagus. Namun gara-gara ada banyak iklan, yang mestinya video kita bisa di tonton lebih dari 10 menit misalnya, akhirnya rata-rata hanya di tonton 1-2 menit saja. Kenapa ? Karena viewernya pada kabur dan cenderung mencari video lain dengan topik yang sama namun jumlah iklannya lebih sedikit.

Lantas kalau hal ini terjadi maka tujuan kita untuk mendapatkan lebih banyak uang dengan cara memasang lebih banyak iklan tadi akan menjadi sia-sia bukan. Orang akan malas untuk subscribe apalagi untuk ngeshare video kita ke teman-temannya. Maka jika di lihat dari sisi marketing, kita juga telah gagal untuk mempromosikan video kita dalam hal ini.

Dari tadi kita telah membicarakan hal yang enak-enak seputar seorang youtuber ya. Ngomongin penghasilan dan lain-lain. Namun ada juga loh hal yang gak enaknya. Kok bisa ? Tentu saja bisa.

Karena untuk bergelut di dunia youtube dan mendapatkan uang itu ternyata tidak mudah teman-teman. Butuh waktu, kerja keras dan kesabaran tingkat tinggi.  Berbeda halnya kalau kita adalah seorang artis, public figure dan orang yang sudah terkenal ya.

Tentu saja akan lebih mudah dan cepat. Untuk ukuran orang biasa seperti kita, tetap harus terus bekerja keras dulu dalam membangun channel kita agar bisa lebih di kenal oleh orang-orang dan mendapatkan penonton.

Syukur-syukur kemudian mereka bersedia untuk berlangganan atau subscribe ke channel kita. 3 tahun yang lalu peraturan youtube sangat berbeda sekali teman-teman. Saya termasuk orang yang mulai beryoutube di akhir tahun 2016.

Meskipun saya terdaftar sejak tahun 2014 karena saat itu saya mulai membuat account email di google dan menjadikan account tersebut sebagai account youtube yang saya gunakan hingga saat ini.
Sebagai pemula, pada saat itu jujur saja saya tidak tahu banyak mengenai youtube. Masih meraba-raba dan belajar untuk mengetahui seluk-beluk youtube satu per satu dari berbagai sumber. Pada waktu itu peraturan untuk di aktifkannya fitur monetisasi video atau channel masih sangat mudah sekali teman-teman.

Kalau tidak salah kita cukup upload 1-2 video yang tidak melanggar aturan TOS youtube, terus kemudian kita bisa minta approval ke youtube untuk mengaktifkan fitur monetisasi channel tadi. Kira-kira hanya butuh waktu 1 minggu, kalau dinyatakan tidak melanggar aturan biasanya channel youtube kita akan segera di approve oleh mereka.

Setelah itu video kita akan bisa di sisipkan iklan dan bisa menghasilkan uang. Wow mudah sekali bukan ??? Lantas bagaimana dengan peraturan yang ada sekarang ? Kalau misalnya teman-teman sekarang mau menjadi youtuber, maka bersiaplah untuk berjuang dengan lebih keras lagi.

Bukannya saya ingin mengecilkan hati teman-teman ya. Tapi kenyataannya sekarang persyaratan untuk monetisasi google adsense telah berubah sejak tahun 2018. Yaitu channel baru hanya bisa di review untuk proses monetisasi jika channel tersebut sudah memiliki minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Duh berat deh.

Tapi teman-teman ngga usah kuatir. Anggap saja itu sebagai sebuah tantangan. Jangan menyerah sebelum bertanding. Ayo maju terus. Ngga ada yang ngga mungkin selama kita yakin dan percaya pada diri kita sendiri.

Berikut ini tips dan cara agar channel kita bisa di monetisasi dan mendapatkan uang :


Bagaimana cara upload video yang benar dan menghasilkan uang dari youtube ?



Bagaimana cara mengajak penonton untuk mau subscribe ke channel kita ?



Bagaimana cara membuat cover atau thumbnail video youtube yang keren ?




Bagaimana cara membuat intro video dan outro video yang unik ?



Bagaimana cara mempromosikan video youtube kita agar viewernya terus bertambah ?



Bagaimana cara menghias banner channel youtube kita ?




Oke sobat yadishare sekian dulu cuap-cuap saya kali ini, semoga ada manfaatnya buat teman-teman yang memang sedang berniat untuk menjadi seorang youtuber. Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel saya kali ini. Sampai jumpa :)

Comments

Popular posts from this blog

Mengirim Email dengan Delphi XE Menggunakan Account Google

Kemarin kita sudah membahas mengenai bagaimana caranya mengirim email melalui aplikasi yang dibuat dengan menggunakan VB.NET . Nah sekarang bagaimana caranya mengirim email tapi melalui aplikasi Delphi XE? Untuk mengirim email melalui Delphi XE sebenarnya mudah sekali. Caranya juga hampir mirip dengan VB.NET kok. Component yang dibutuhkan antara lain adalah TIdSMTP, TIdMessage dan TIdSSLIOHandlerSocketOpenSSL. Tanpa component-component tersebut kamu tidak akan dapat mengirimkan email. Selain component yang saya sebutkan diatas, tentu kamu akan membutuhkan koneksi internet. Tanpa itu mustahil email dapat dikirim ke alamat tujuan. Sebenarnya kamu juga dapat menambahkan class dari masing-masing component diatas ke dalam uses tanpa harus menggunakan component. Hal lain yang sangat penting yang mesti kamu pahami adalah untuk mengirimkan sebuah email dibutuhkan yang namanya email sender (email si pengirim), email recipient (email si penerima), email cc (optional), email bcc (optional) dan SM

Penjumlahan Inputbox Secara Otomatis Di HTML, Php, Dan JQuery

Hai sobat yadishare apa kabar? Sudah hari sabtu lagi nih. Iseng-iseng ah pengen nulis mengenai html dan jquery. Ketika kita membangun sebuah aplikasi menggunakan php, seringkali kita harus membuat sebuah penjumlahan antar textbox secara otomatis agar memudahkan user. Misalnya kita memiliki 3 buah inputbox yang kita buat dengan menggunakan HTML yang terdiri dari sub total, ppn, dan grand total. Kemudian setiap kali kita menginputkan angka ke dalam textbox sub total dan textbox ppn tersebut, kita ingin textbox grand total jumlahnya terhitung secara otomatis agar dapat memudahkan user. Lalu bagaimana caranya? Nah untuk dapat melakukannya, kita pasti butuh cara yang mudah dan cepat bukan? Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan JQuery. Pertama kalian bisa download file jquery.js disini . Masukkan ke dalam folder assets/js. Kalian juga dapat menambahkan script berikut ini tanpa harus mendownload f

Aplikasi Database CRUD (VB6 + Ms. Access + Crystal Report 8)

Assalamualaikum wr. wb. sobat yadishare, apa kabar ? Di artikel kali ini saya akan membagikan tutorial tentang bagaimana cara membuat aplikasi CRUD (create, read, update, dan delete) menggunakan aplikasi atau bahasa pemrograman visual basic 6.0 dan database yang akan saya gunakan adalah database microsoft access. Untuk pembuatan laporannya nanti saya akan menggunakan aplikasi crystal report versi 8. Oke topiknya kali ini adalah membuat aplikasi crud sederhana tentang data pegawai. Namun di dalam aplikasi ini nanti teman-teman akan mempunyai opsi yang cukup lengkap. Selain ada fitur crud dan filtering data, teman-teman bisa langsung mencetak laporannya ke dalam printer. Keren kan ??? Ok langsung saja kita mulai tutorialnya. Untuk membuat aplikasi crud ini, dibutuhkan sebuah database microsoft access. Nah untuk mempersingkat waktu, berhubung saya sudah membuatkan tutorialnya di artikel dan video saya sebelumnya, jadi saya tidak akan bahas lagi disini. Teman-teman bisa langsung b