Skip to main content

Cara Install CMS Prestashop 1.7.5.0 Di Localhost



Sudah 1 minggu nih saya ngga posting artikel, jadi mumpung semalam saya habis upload video tutorial terbaru mengenai cara install prestashop versi 1.7.5.0 di localhost ke dalam channel youtube saya, rasanya kurang pas juga nih kalau misalnya saya ngga bagikan juga tutorialnya disini. Kenapa sih mas mesti upload tutorial mengenai prestashop atau cara membuat toko online lagi ? Bukannya waktu itu sudah pernah upload video tutorial mengenai hal tersebut ? Ya betul, memang sudah pernah.

Namun waktu itu yang dibahas adalah prestashop versi 1.7 dan yang ini adalah prestashop versi yang terbaru yaitu versi 1.7.5.0. Selain itu alasan dibalik pembuatan video tutorial ini adalah karena adanya banyak sekali pertanyaan seputar masalah installasi prestashop yang dialami oleh para viewer yang menonton video tutorial prestashop saya sebelumnya. Permasalahannya sih cukup beragam.

Nah maka dari itu saya mencoba untuk membuatnya lagi dengan versi terbaru untuk mengetahui secara detail apakah memang ada perubahan yang signifikan dengan versi yang lama sehingga mengakibatkan mereka jadi mengalami kendala pada saat melakukan proses instalasi.

Setelah saya mencobanya memang tidak terlihat perubahan yang mendasar sama sekali. Hanya saja proses instalasi memang terasa lebih lama dan berat saja. Tapi overall saya melihat masih sama dengan versi sebelumnya.

Lalu kira-kira apakah yang menyebabkan permasalahan yang mereka hadapi ? Kalau menurut saya sih sepertinya teman-teman belum paham betul dengan basic requirement yang dibutuhkan untuk dapat melakukan installasi prestashop di localhost. Jadi untuk dapat melakukan instalasi cms prestashop memang dibutuhkan sebuah web server dan mysql database. Yuk simak aja langsung tutorialnya disini :


Web server yang dapat digunakan pun cukup bervariasi. Teman-teman bisa menggunakan XAMPP, Wamp dan lain sebagainya. Saat ini web server seperti xampp dan wamp sudah di bundle ke dalam sebuah paket komplit berikut dengan database mysqlnya. Jadi cukup sekali download web server kemudian di install dan teman-teman sudah dapat menggunakannya untuk membangun sebuah website, aplikasi web, toko online dan lain sebagainya. Untuk lebih detail teman-teman bisa lihat tutorial cara mendownload dan menginstall xampp server disini :



Untuk lebih detail teman-teman bisa lihat tutorial cara mendownload dan menginstall wamp server disini :





Untuk lebih detail apabila teman-teman penasaran dengan kedua web server diatas dan memutuskan untuk menggunakan keduanya, tapi kemudian menemui kendala karena keduanya menggunakan port yang sama yaitu port 80, teman-teman bisa simak cara mengatasi permasalahan diatas melalui video tutorial dibawah ini :







Comments

Popular posts from this blog

Mengirim Email dengan Delphi XE Menggunakan Account Google

Kemarin kita sudah membahas mengenai bagaimana caranya mengirim email melalui aplikasi yang dibuat dengan menggunakan VB.NET . Nah sekarang bagaimana caranya mengirim email tapi melalui aplikasi Delphi XE? Untuk mengirim email melalui Delphi XE sebenarnya mudah sekali. Caranya juga hampir mirip dengan VB.NET kok. Component yang dibutuhkan antara lain adalah TIdSMTP, TIdMessage dan TIdSSLIOHandlerSocketOpenSSL. Tanpa component-component tersebut kamu tidak akan dapat mengirimkan email. Selain component yang saya sebutkan diatas, tentu kamu akan membutuhkan koneksi internet. Tanpa itu mustahil email dapat dikirim ke alamat tujuan. Sebenarnya kamu juga dapat menambahkan class dari masing-masing component diatas ke dalam uses tanpa harus menggunakan component. Hal lain yang sangat penting yang mesti kamu pahami adalah untuk mengirimkan sebuah email dibutuhkan yang namanya email sender (email si pengirim), email recipient (email si penerima), email cc (optional), email bcc (optional) dan SM

Penjumlahan Inputbox Secara Otomatis Di HTML, Php, Dan JQuery

Hai sobat yadishare apa kabar? Sudah hari sabtu lagi nih. Iseng-iseng ah pengen nulis mengenai html dan jquery. Ketika kita membangun sebuah aplikasi menggunakan php, seringkali kita harus membuat sebuah penjumlahan antar textbox secara otomatis agar memudahkan user. Misalnya kita memiliki 3 buah inputbox yang kita buat dengan menggunakan HTML yang terdiri dari sub total, ppn, dan grand total. Kemudian setiap kali kita menginputkan angka ke dalam textbox sub total dan textbox ppn tersebut, kita ingin textbox grand total jumlahnya terhitung secara otomatis agar dapat memudahkan user. Lalu bagaimana caranya? Nah untuk dapat melakukannya, kita pasti butuh cara yang mudah dan cepat bukan? Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan JQuery. Pertama kalian bisa download file jquery.js disini . Masukkan ke dalam folder assets/js. Kalian juga dapat menambahkan script berikut ini tanpa harus mendownload f

Aplikasi Database CRUD (VB6 + Ms. Access + Crystal Report 8)

Assalamualaikum wr. wb. sobat yadishare, apa kabar ? Di artikel kali ini saya akan membagikan tutorial tentang bagaimana cara membuat aplikasi CRUD (create, read, update, dan delete) menggunakan aplikasi atau bahasa pemrograman visual basic 6.0 dan database yang akan saya gunakan adalah database microsoft access. Untuk pembuatan laporannya nanti saya akan menggunakan aplikasi crystal report versi 8. Oke topiknya kali ini adalah membuat aplikasi crud sederhana tentang data pegawai. Namun di dalam aplikasi ini nanti teman-teman akan mempunyai opsi yang cukup lengkap. Selain ada fitur crud dan filtering data, teman-teman bisa langsung mencetak laporannya ke dalam printer. Keren kan ??? Ok langsung saja kita mulai tutorialnya. Untuk membuat aplikasi crud ini, dibutuhkan sebuah database microsoft access. Nah untuk mempersingkat waktu, berhubung saya sudah membuatkan tutorialnya di artikel dan video saya sebelumnya, jadi saya tidak akan bahas lagi disini. Teman-teman bisa langsung b