Skip to main content

Kapan Kita Bisa Gajian dari youtube atau google adsense ?

Kapan kita bisa gajian dari youtube atau google adsense ? Ya pertanyaan ini memang seringkali muncul dari berbagai youtuber baru termasuk saya pada waktu itu dan orang-orang awam yang memang penasaran dengan uang yang dapat dihasilkan dari youtube. Sebagai youtuber yang memang sudah pernah merasakan gajian dari youtube, maka saya akan mencoba untuk berbagi sedikit pengalaman saya. Siapa tahu bermanfaat buat teman-teman yang sedang penasaran karena tak sabar menantikan datangnya pembayaran adsense untuk pertama kali. Sama halnya seperti menunggu gaji pertama saat kita bekerja.

Pembayaran google adsense akan dapat dilakukan setelah saldo kita mencapai ambang batas minimum pembayaran yaitu 100 dollar atau kalau dirupiahkan sekitar Rp 1.300.000. Kurang dari itu maka proses pembayaran tidak dapat dilakukan meskipun sudah masuk tanggal pembayaran yang biasanya dilakukan oleh google. Untuk tanggal pembayarannya sendiri biasanya akan dilakukan atau diproses di tanggal 21-25 setiap bulannya. Apabila tanggal 21 jatuh diakhir pekan (sabtu-minggu), maka proses pembayaran akan dilakukan di hari kerja berikutnya.

Dahulu pembayaran biasa dilakukan melalui western union. Namun sekarang sudah tersedia proses transfer ke rekening bank yang kita miliki. Ya untuk mendapatkan uang dari youtube kita harus memiliki sebuah channel youtube terlebih dahulu dengan cara mendaftarkannya menggunakan email google atau gmail yang sudah kita miliki. Kalau mau dijelaskan memang panjang sekali ceritanya. Butuh kerja keras, waktu dan kesabaran kita.

Mengapa demikian ? Karena menurut saya prosesnya tidak semudah seperti apa yang kita bayangkan. Setelah membuat channel, kita mesti upload video terlebih dahulu. Setelah kita upload, beberapa tahun lalu kita bisa langsung mengaktifkan fitur monetisasi yang ada pada video. Namun mesti menunggu proses persetujuan dari youtube apakah video kita layak untuk dimonetisasi dan tidak melanggar TOS atau aturan youtube yang sudah ditetapkan. Namun saat artikel ini ditulis, aturan baru youtube tahun 2018 tentang monetisasi telah diubah. Silahkan teman-teman baca saja artikelnya melalui link yang ada diatas agar lebih jelas.

Singkat cerita, apabila proses persetujuan monetisasi telah diaktifkan dan anda resmi menjadi partner youtube, maka video yang teman-teman upload sudah dapat berisi iklan. Mengenai berapa jumlah iklan yang akan tayang di video kita memang bisa bervariasi. Kadang muncul iklan dan kadang juga tidak. Jadi iklan tidak selalu akan tayang. Hal ini pun juga sangat dipengaruhi oleh topic video kita, popularitas video, waktu dan masih banyak hal lainnya.

Setelah kita menerima akumulasi dollar dari hari ke hari, setelah terkumpul kira-kira 10$, youtube akan mengirimkan surat yang berisi PIN ke alamat yang tercantum di account youtube atau google adsense kita. Makanya usahakan untuk mengisikan alamat tempat tinggal teman-teman dengan jelas dan lengkap.

Untuk lebih detail mengenai hal ini teman-teman bisa baca artikel mengenai pengalaman saya sebelumnya disini. Setelah kita menerima surat yang berisi PIN kita harus melakukan verifikasi alamat dengan memasukkan nomor PIN yang tertera pada surat tersebut.

Setelah diverifikasi dan jika minimum payment yang kita terima telah mendekati 100$ (minimum threshold) kita akan diminta untuk melengkapi data-data penerima gaji atau payment dari google adsense tersebut. Seperti nomor rekening, nama bank yang digunakan dan nama lengkap si pemilik rekening.

Bisa menggunakan rekening anda sendiri atau bisa juga menggunakan rekening orang lain. Kemudian nanti akan dilakukan verifikasi sekali lagi. Google adsense akan mengirimkan sejumlah uang ke rekening yang telah kita daftarkan. Berapa jumlahnya ? Nah kalau ngomongin jumlah uang yang akan ditransfer biasanya kita akan sedikit bersemangat dan antusias bacanya :)

Oke, jadi jumlahnya tentu saja tidak banyak :) ngarep nih yee... Jumlahnya hanya sekitar kurang dari 100 rupiah kalau tidak salah. Pastinya ada beberapa digit angka dan sangat rahasia. Hanya penerima payment yang mengetahuinya. Setelah itu kita akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan cara memasukkan angka yang telah google transfer ke rekening kita ke dalam form verifikasi rekening.

Jika sesuai maka selamat!!! Anda tinggal menunggu berapa jumlah saldo pembayaran yang akan anda terima nantinya jika sudah terkumpul. Semoga sharingnya kali ini bermanfaat buat teman-teman, terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel saya kali ini, jangan lupa ditonton videonya, di kasih jempol, di share dan di subscribe ya channel saya biar tetap exist dan terus berkembang. Ayo maju indonesiaku dan para youtuber indonesia semuanya. Sampai jumpa :)

Comments

  1. Udah pernah cair berapa kali mas adsense nya?

    ReplyDelete
  2. thanks infonya, cara mengaktifkan google ansense gmna ya?

    ReplyDelete
  3. Buat channel youtube, upload video berkualitas yg bnyk dan disukai orang, aktifkan fitur monetisasi, sabar dan tunggu jumlah view dan subscriber hingga mencapai jumlah yg ditentukan oleh youtube...smp nt disetujui oleh mereka. Semoga membantu :)

    ReplyDelete
  4. Dalam, untuk menerima pembayaran boleh pake nomor rekening yang beda dgn pemilik AdSense? Apa Gak bahaya mas?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengirim Email dengan Delphi XE Menggunakan Account Google

Kemarin kita sudah membahas mengenai bagaimana caranya mengirim email melalui aplikasi yang dibuat dengan menggunakan VB.NET . Nah sekarang bagaimana caranya mengirim email tapi melalui aplikasi Delphi XE? Untuk mengirim email melalui Delphi XE sebenarnya mudah sekali. Caranya juga hampir mirip dengan VB.NET kok. Component yang dibutuhkan antara lain adalah TIdSMTP, TIdMessage dan TIdSSLIOHandlerSocketOpenSSL. Tanpa component-component tersebut kamu tidak akan dapat mengirimkan email. Selain component yang saya sebutkan diatas, tentu kamu akan membutuhkan koneksi internet. Tanpa itu mustahil email dapat dikirim ke alamat tujuan. Sebenarnya kamu juga dapat menambahkan class dari masing-masing component diatas ke dalam uses tanpa harus menggunakan component. Hal lain yang sangat penting yang mesti kamu pahami adalah untuk mengirimkan sebuah email dibutuhkan yang namanya email sender (email si pengirim), email recipient (email si penerima), email cc (optional), email bcc (optional) dan SM

Penjumlahan Inputbox Secara Otomatis Di HTML, Php, Dan JQuery

Hai sobat yadishare apa kabar? Sudah hari sabtu lagi nih. Iseng-iseng ah pengen nulis mengenai html dan jquery. Ketika kita membangun sebuah aplikasi menggunakan php, seringkali kita harus membuat sebuah penjumlahan antar textbox secara otomatis agar memudahkan user. Misalnya kita memiliki 3 buah inputbox yang kita buat dengan menggunakan HTML yang terdiri dari sub total, ppn, dan grand total. Kemudian setiap kali kita menginputkan angka ke dalam textbox sub total dan textbox ppn tersebut, kita ingin textbox grand total jumlahnya terhitung secara otomatis agar dapat memudahkan user. Lalu bagaimana caranya? Nah untuk dapat melakukannya, kita pasti butuh cara yang mudah dan cepat bukan? Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan JQuery. Pertama kalian bisa download file jquery.js disini . Masukkan ke dalam folder assets/js. Kalian juga dapat menambahkan script berikut ini tanpa harus mendownload f

Aplikasi Database CRUD (VB6 + Ms. Access + Crystal Report 8)

Assalamualaikum wr. wb. sobat yadishare, apa kabar ? Di artikel kali ini saya akan membagikan tutorial tentang bagaimana cara membuat aplikasi CRUD (create, read, update, dan delete) menggunakan aplikasi atau bahasa pemrograman visual basic 6.0 dan database yang akan saya gunakan adalah database microsoft access. Untuk pembuatan laporannya nanti saya akan menggunakan aplikasi crystal report versi 8. Oke topiknya kali ini adalah membuat aplikasi crud sederhana tentang data pegawai. Namun di dalam aplikasi ini nanti teman-teman akan mempunyai opsi yang cukup lengkap. Selain ada fitur crud dan filtering data, teman-teman bisa langsung mencetak laporannya ke dalam printer. Keren kan ??? Ok langsung saja kita mulai tutorialnya. Untuk membuat aplikasi crud ini, dibutuhkan sebuah database microsoft access. Nah untuk mempersingkat waktu, berhubung saya sudah membuatkan tutorialnya di artikel dan video saya sebelumnya, jadi saya tidak akan bahas lagi disini. Teman-teman bisa langsung b