Skip to main content

Cara Mengatasi Masalah Button File Upload Yang Hilang Pada Aplikasi E-SKA (Surat Keterangan Asal Indonesia)

Pernah mendengar E-SKA? E-SKA adalah singkatan dari Elektronik Surat Keterangan Asal Indonesia. Ya ini adalah aplikasi yang dibuat oleh kementrian perdagangan republik indonesia dan diperuntukkan bagi para eksportir atau perusahaan yang menjual barang dagangannya ke luar negeri.


e-ska-kemendag.jpg

Begitulah kira-kira dan mudah-mudahan saya tidak salah ya menyimpulkannya. Untuk informasi lebih jelas dan lengkap silahkan buka saja website resminya di: http://e-ska.kemendag.go.id.


Nah sesuai judul di atas saya tidak akan membahas panjang lebar mengenai E-SKA, namun saya akan sharing sedikit mengenai masalah button file upload yang hilang secara kasat mata ketika akan melakukan proses upload file ke dalam aplikasi tersebut.


e-ska-kemendag-button-upload-hilang.jpg

Sebenarnya button file upload tersebut bukannya hilang ya sob. Melainkan jadi tidak tampak karena disebabkan oleh beberapa faktor. Dalam dunia pemrograman web memang hal-hal seperti ini biasa terjadi. Itu wajar menurut saya.


Karena para desainer dan developer web tersebut pasti sudah memikirkan dan menetapkan standarisasi baik mengenai komponen, plugin dan lain-lain yang dibutuhkan agar aplikasinya dapat berjalan sesuai dengan keinginan mereka tanpa mengindahkan hal-hal mendasar yang dapat membuat para penggunanya menjadi bingung.


Beberapa faktor yang saya temukan dari basic requirement yang mereka anjurkan adalah user diharapkan menggunakan mozilla firefox sebagai browser, menginstall adobe acrobat reader dan adobe flash player.


Pada kasus yang saya temukan berdasarkan pengalaman user saya pada saat menggunakan aplikasi tersebut, beberapa lebih suka menggunakan google chrome karena mungkin telah terbiasa. Namun masalah button file upload yang hilang tersebut terjadi di ketiga browser (mozilla firefox, google chrome dan internet explorer atau Ms. Edge).


Awalnya saya sempat bingung. Adobe flash player sudah di update dan diinstall buat PC yang belum ada flash playernya. Acrobat reader pun sudah ada. Tapi mengapa button upload tersebut belum bisa tampil baik di PC saya dan di PC para user?


Akhirnya saya menemukan jalan keluar. Silahkan buka menu manajemen sistem > Tools, setelah anda login terlebih dahulu. Setelah itu anda akan melihat layar seperti berikut ini :


e-ska-kemendag-tools.jpg

Kemudian anda boleh menginstall mozilla firefox (optional) jika memang anda lebih senang menggunakan firefox sebagai browser. Apabila anda ingin menggunakan google chrome atau microsoft edge pun tidak jadi masalah.


Yang kedua pastikan adobe acrobat reader telah terinstall. Dan yang ketiga yang paling penting adalah silahkan click adobe flash player. Biasanya akan ada notifikasi apakah anda ingin mengijinkan atau mengaktifkan extension adobe flash player tersebut ke dalam browser? Pilih yes.


Jika belum diinstall harap diinstall saja. Anda pun dapat mendownloadnya dari https://get.adobe.com/flashplayer/. Pada saat instalasi adobe flash player, biasanya browser dalam keadaan dibuka. Nah nanti akan ada pemberitahuan untuk menutup browser tersebut selama proses instalasi berjalan.


Setelah selesai browser akan terbuka kembali. Jika tidak silahkan buka browser anda secara manual. Sampai disini seharusnya anda sudah dapat melihat button file upload tersebut setelah login kembali. Namun jika belum saya sarankan untuk merestart PC atau notebook yang kalian gunakan terlebih dahulu. Semoga sharingnya bermanfaat dan dapat membantu anda semua. Aamiin YRA. Terima kasih telah membaca artikel saya, sampai jumpa.


https://www.youtube.com/watch?v=bI6NYFG36uE

Baca juga mengenai cara menghilangkan status read message pada aplikasi WhatsApp

Baca juga mengenai tutorial pentaho 7 disini

Baca juga cara membuat grafik di libreoffice calc

Baca juga cara mengenai tips menambah viewer youtube

Baca cara membuat blog di wordpress

Baca juga cara optimasi blog atau video youtube

Baca tentang pin google adsense dan memverifikasi alamat

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Mengirim Email dengan Delphi XE Menggunakan Account Google

Kemarin kita sudah membahas mengenai bagaimana caranya mengirim email melalui aplikasi yang dibuat dengan menggunakan VB.NET . Nah sekarang bagaimana caranya mengirim email tapi melalui aplikasi Delphi XE? Untuk mengirim email melalui Delphi XE sebenarnya mudah sekali. Caranya juga hampir mirip dengan VB.NET kok. Component yang dibutuhkan antara lain adalah TIdSMTP, TIdMessage dan TIdSSLIOHandlerSocketOpenSSL. Tanpa component-component tersebut kamu tidak akan dapat mengirimkan email. Selain component yang saya sebutkan diatas, tentu kamu akan membutuhkan koneksi internet. Tanpa itu mustahil email dapat dikirim ke alamat tujuan. Sebenarnya kamu juga dapat menambahkan class dari masing-masing component diatas ke dalam uses tanpa harus menggunakan component. Hal lain yang sangat penting yang mesti kamu pahami adalah untuk mengirimkan sebuah email dibutuhkan yang namanya email sender (email si pengirim), email recipient (email si penerima), email cc (optional), email bcc (optional) dan SM

Penjumlahan Inputbox Secara Otomatis Di HTML, Php, Dan JQuery

Hai sobat yadishare apa kabar? Sudah hari sabtu lagi nih. Iseng-iseng ah pengen nulis mengenai html dan jquery. Ketika kita membangun sebuah aplikasi menggunakan php, seringkali kita harus membuat sebuah penjumlahan antar textbox secara otomatis agar memudahkan user. Misalnya kita memiliki 3 buah inputbox yang kita buat dengan menggunakan HTML yang terdiri dari sub total, ppn, dan grand total. Kemudian setiap kali kita menginputkan angka ke dalam textbox sub total dan textbox ppn tersebut, kita ingin textbox grand total jumlahnya terhitung secara otomatis agar dapat memudahkan user. Lalu bagaimana caranya? Nah untuk dapat melakukannya, kita pasti butuh cara yang mudah dan cepat bukan? Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan JQuery. Pertama kalian bisa download file jquery.js disini . Masukkan ke dalam folder assets/js. Kalian juga dapat menambahkan script berikut ini tanpa harus mendownload f

Aplikasi Database CRUD (VB6 + Ms. Access + Crystal Report 8)

Assalamualaikum wr. wb. sobat yadishare, apa kabar ? Di artikel kali ini saya akan membagikan tutorial tentang bagaimana cara membuat aplikasi CRUD (create, read, update, dan delete) menggunakan aplikasi atau bahasa pemrograman visual basic 6.0 dan database yang akan saya gunakan adalah database microsoft access. Untuk pembuatan laporannya nanti saya akan menggunakan aplikasi crystal report versi 8. Oke topiknya kali ini adalah membuat aplikasi crud sederhana tentang data pegawai. Namun di dalam aplikasi ini nanti teman-teman akan mempunyai opsi yang cukup lengkap. Selain ada fitur crud dan filtering data, teman-teman bisa langsung mencetak laporannya ke dalam printer. Keren kan ??? Ok langsung saja kita mulai tutorialnya. Untuk membuat aplikasi crud ini, dibutuhkan sebuah database microsoft access. Nah untuk mempersingkat waktu, berhubung saya sudah membuatkan tutorialnya di artikel dan video saya sebelumnya, jadi saya tidak akan bahas lagi disini. Teman-teman bisa langsung b